Cara Menggunakan Windows Movie Maker

Sebenarnya Di windows sudah menyediakan Softwarenya Yaitu Windows Movie Maker.

Dengan Adanya program ini anda dapat memanfaatkan untuk memotong video, menggabungkan Video, memasukkan Text ke dalam Video, Memasukkan Audio ke Dalam Video, dll.


Cara menjalankan Windows Movie Maker:

  • Klik Start.
  • Klik All Programs.
  • Klik Windows Movie Maker.
Cara Memanggil Video:
Sekarang Anda sudah dapat memanggil video untuk diedit:

Jalankan Windows Movie Maker seperti di atas.
  • Klik menu File.
  • Klik Import Media Items.
  • Keluar kotak dialog Import Media Items.
  • Klik Computer, kemudian carilah di mana video yang akan diedit, setelah ketemu klik ganda untuk memasukkan, atau klik satu kali kemudian klik Import.
  • Maka video akan dimasukkan ke dalam Windows Movie Maker.
Cara memotong Video:
Setelah video dimasukkan ke dalam Windows Movie Maker seperti di atas, sekarang potonglah video pada bagian yang Anda inginkan dengan cara sebagai berikut:

  • Klik ganda video untuk memainkan, atau klik kiri video satu kali kemudian klik tombol Play yang terdapat pada kotak Preview (kotak sebelah kanan).
  • Maka video akan dijalankan dan tombol Play akan berubah menjadi tombol Pause. Setelah bagian (awal) video yang ingin dipotong ketemu, klik tombol Pause untuk menghentikan video, kemudian klik tombol Split untuk menghilangkan bagian kiri video. Maka bagian kiri video akan diberi nama Video dan bagian kanan menjadi Video (1).
  • Jalankan kembali Video (1), setelah ketemu pada bagian (akhir) video yang Anda inginkan, klik Pause untuk menghentikan video sejenak, kemudian klik Split. Maka bagian kiri video akan disimpan dalam Video (1) dan bagian kanan video akan disimpan dalam Video (2). Bagian video yang Anda inginkan adalah Video (1). Klik gandalah Video (1) untuk memainkan, atau klik kiri satu kali kemudian klik tombol Play, dan lihatlah hasilnya… Dengan cara yang sama, Anda dapat memotong kembali bagian-bagian lainnya sehingga hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan Anda. Semua potongan-potongan tersebut nanti dapat kita gabung menjadi satu video.
Cara menggabungkan dan Menyimpan Video :
Setelah video selesai Anda potong-potong seperti di atas, sekarang potongan-potongan video tersebut dapat kita gabung dan disimpan ke dalam hard disk dengan cara sebagai berikut:
  • Seret potongan video ke dalam ke dalam Storyboard, dalam contoh ini seret Video (1) ke dalam Storyboard. Storyboard adalah kotak-kotak besar yang terdapat di bagian bawah jendela. Kemudian seret potongan video yang lain ke dalam kotak kedua dalam Storyboard. Anda dapat memasukkan beberapa potongan video ke dalam Storyboard, potongan video kedua masukkan ke kotak sebelah kanannya, dan seterusnya… Semua video (clip) yang ada dalam Storyboard, itulah nanti yang akan disimpan.
  • Anda juga bisa memasukkan video ke dalam Storyboard dengan cara mengklik kanan video kemudian mengklik Add to Storyboard.
  • Setelah selesai, klik menu File kemudian klik Publish Movie.
  • Keluar kotak dialog Publish Movie.
  • Tandai (klik) This computer, kemudian klik Next.
  • Keluar kotak dialog berikutnya, pada kotak File name ketiklah nama file video Anda (misalnya videoku), kemudian klik Browse untuk menentukan ke drive dan folder mana video akan disimpan. Setelah selesai klik Next untuk melanjut.
  • Keluar kotak dialog berikutnya, klik Publish (setuju dengan pilihan Best quality for playback on my computer (recommended)). Jika ingin kualitas video lebih tinggi, pilih More settings, kemudian pilih DV-AVI (PAL), tetapi dengan pilihan ini maka video akan berakhiran .AVI (Audio Video Interleave) dan ukuran file akan sangat besar.
  • Maka video (clip) akan disimpan dengan akhiran .WMV (Windows Media Video), tunggulah hingga selesai.
  • Setelah selesai, keluar kotak dialog berikutnya (Your movie has been published), tandai Play movie when I click Finish jika video ingin langsung dimainkan dengan Windows Media Player, sebaliknya hilangkan tanda caping jika video tidak ingin dimainkan otomatis. Setelah selesai, klik Finish.
  • Selesai! Tutuplah kembali Windows Movie Maker.

Dengan cara yang sama, demikian juga memotong audio. Sekarang cobalah jalankan Windows Media Player, kemudian panggil video Anda dan jalankan. Bagaimana, jalan ‘kan? Selanjutnya video dapat Anda copy ke dalam CD-R (Compact Disc Recordable) atau ke dalam CD-RW (Compact Disc Rewritable) berupa data, atau dibuat menjadi VCD dengan perangkat lunak Nero. Dan jika Anda memiliki e-mail, video juga dapat dikirim melalui e-mail seperti mengirim file biasa. Selain dikirim dengan e-mail, video juga dapat dimasukkan ke dalam Website jika Anda memiliki Website agar dapat ditonton orang lain. Sebelum Anda memasukkan video ke dalam Website, ubah nama dan akhiran file semuanya menjadi huruf kecil agar dapat dijalankan.

Anda juga dapat bekerja dengan 2 buah atau beberapa video sekaligus, mengambil potongan dari video yang satu dan mengambil potongan dari video yang lain, kemudian menggabungkannya menjadi 1 video.


Cara Memasukkan Text Kedalam Video:
Jalankan Windows Movie Maker dan panggil video yang akan diedit.
  • Kemudian seret video ke dalam Storyboard.
  • Klik menu View kemudian klik Timeline.
  • Maka kotak Storyboard akan berubah menjadi Timeline.
  • Klik menu Tools, kemudian klik Titles and Credits.
  • Keluar berbagai jenis title, pilihlah salah satu jenis title yang Anda inginkan, misalnya Title on the selected clip (Teks di atas video). Keluar kotak Enter Text for Title, ketiklah teks yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan Change the title animation untuk mengubah animasi teks, Change the text font and color untuk mengubah font dan warna. Setelah selesai, klik Add Title.
  • Untuk menentukan seberapa lama teks dimunculkan di atas video, gunakan kotak teks yang terdapat pada kotak Title Overlay: seret ujung kotak teks ke kanan untuk menambah durasi, sebaliknya seret ke kiri untuk mengurangi durasi.
  • Untuk melihat hasilnya, jalankan kembali video seperti biasa.
  • Dengan cara yang sama, Anda dapat menambah teks di bagian lain.
  • Jika semuanya sudah cocok, simpan kembali video Anda.
Cara Memasukkan Audio Kedalam Video:
Selain menambah teks seperti di atas, kita juga dapat memasukkan audio (soundtrack) ke dalam video.
  • Klik kotak kecil yang terdapat pada tulisan Video.
  • Maka audio yang terdapat dalam video (audio bawaan) akan dipisahkan dan ditempatkan pada kotak Audio.
  • Panggil audio yang akan dibuat soundtrack, cara memanggilnya sama seperti memanggil video, kemudian seret ke dalam kotak Audio/Music. Jika panjang audio melebihi panjang video, seret ujung kotak audio ke kiri untuk mengurangi panjang audio, dan buat sama panjangnya dengan video. Sehingga apabila video selesai diputar, audio juga selesai.
  • Jika Anda ingin mematikan audio bawaan vdeio, klik kanan audio yang terdapat pada kotak Audio kemudian klik Mute.
  • Smpan kembali video seperti biasa, selanjutnya jalankan video, dan lihatlah apa yang Anda dapat. 

Gimana Menarik Bukan!

PosTed By DiBeBasKan

Related Post:

Description: Cara Menggunakan Windows Movie Maker Rating: 5 Reviewer: Way Priaz ItemReviewed: Cara Menggunakan Windows Movie Maker

12 komentar:

saya kan pakai windows Movie maker untuk windows xp, saya mau edit video 3gp tp kok pas dimasukin ga bisa ya?

anda hrs merubah dulu format 3gp ke mp4 atau avi via video conventer

terima kasih tutorialnya jagan lupa mampir lagi di motogp unsri ac.id

Kotak kecil yg ada pda tulisan Video'a ada dimna.?
Koq ga ada kotak kecil yah.?

ngmng" kan hari ini aku baru download movie maker..nah pas aku mw jalanin storyboard'a..koq yg d kotak kanan'a hitam??it gmn cara'a?

saya juga pernah kaya gitu gan, kotak preview sebelah kanan cuman warna hitam ga ada tampilannya, saya juga ga tau kenapa, trus saya download lagi,cuman ga lewat blog, langsung ke windows. dan hasilnya normal . jadi download lagi aja gan,karna mgkn movie makernya aspal {tpi saya jg ga tau masalah sbenernya apa,yg jlas saya ngalamin kaya gitu}

gan ,...kalo ane mau buat guitar cover,,...kan video ama audionya udah ane buat ,...terus gabunginnya gimana,...soalnya kadang antara audio n videonnya nggak sejalan,..audionya suka kecepetan gan,...
mohon solusinya,...

Thanks banget ya.. Blog bagus :)

ku coba2 kok hasil editan nya yg muncul suara nya doank...gambar nya hilang ...gmn solusi nya broo

Poskan Komentar

Saran kritik aspirasi keluhan atau apapun itu bisa anda lontarkan disini (dimohon tidak spam) semoga artikelnya bermanfaat bagi kita semua

Ikuti Perjalanan Saya Via Email: Klik disini

Saya akan slalu menyajikan artikel yang menginspirasi dan berguna bagi kita semua dengan kata-kata yang mudah dicerna serta ringan dibaca, Sekali lagi terima kasih sudah berkunjung.